Cara Merawat Smartwatch agar Tetap Awet

Cara Merawat Smartwatch agar Tetap Awet

Perangkat smartwatch menjadi bagian dari gaya hidup secara perlahan-lahan seiring dengan perkembangan tren wearable device. Perangkat yang satu ini memiliki banderol harga yang mahal. Oleh karena itu, perangkat ini harus dijaga dengan baik supaya bisa berusia panjang. Terlebih lagi bila digunakan setiap hari. Nah, berikut ini cara merawat smartwatch agar tetap awet.

Cara Merawat Smartwatch agar Tetap Awet

1. Bersihkan Layar
Anda dapat membersihkan layar smartwatch dengan kain berbahan microfiber. Hal ini mirip dengan membersihkan layar laptop. Selain itu, Anda dapat pula menggunakan kain pembersih lensa kamera dan kaca mata.

Langkah pertama untuk membersihkan layar smartwatch adalah mengusapkan kain secara perlahan ke layar tersebut dengan pola satu arah. Sesudah Anda merasa yakin sudah cukup bersih, diamkan sebentar. Hal yang perlu diperhatikan adalah kain yang dipakai untuk membersihkan layar mesti dicuci secara berkala.

Untuk membersihkan layar smartwatch ini, Anda jangan memakai cairan pembersih. Jika smartwatch Anda bersifat water resistant, maka Anda dapat mencoba membersihkannya dengan air. Selain itu, hindari juga pemakaian tisu untuk membersihkan layar smartwatch sebab akan berpotensi meninggalkan goresan.

2. Bersihkan Strap
Bagian lain yang perlu diperhatikan sesudah layar adalah strap atau gelang smartwatch. Bodi dan strap mempunyai cara yang berbeda dalam membersihkannya. Nah, lepas strap dari badan smartwatch terlebih dahulu supaya hasilnya menjadi maksimal.

Bila strap smartwatch Anda terbuat dari bahan kulit, maka gunakan cairan pembersih khusus kulit untuk membersihkannya. Sebelum mulai membersihkan, usapkan sedikit cairan tersebut terlebih dahulu. Kalau tidak ada perubahan warna atau tekstur, maka hal tersebut dapat diteruskan.

Untuk strap yang berbahan karet, pembersih yang terampuh adalah air dan sedikit sabun. Pakai mangkuk yang telah diisi dengan air. Setelah itu, tambahkan setetes sabun. Bersihkan cepat tapi saksama. Sesudahnya, lap dengan kain lembut, kemudian angin-anginkan hingga benar-benar kering.

Sedangkan untuk strap berbahan logam atau stainless steel, gunakan sikat gigi. Basahi air yang telah dicampur dengan sedikit sabun, kemudian sikat. Keringkan dengan menggunakan lap, lalu diangin-anginkan. Kilapkan strap dengan pasta gigi, kemudian sikat secara merata.

3. Bersihkan Konektor
Konektor merupakan salah satu bagian penting pada smartwatch. Biasanya, bagian ini dipakai ketika proses pengisian ulang daya baterai. Konektor ini dapat kotor lantaran terkena debu atau keringat yang bisa menghambat proses pengisian daya dan transfer dokumen.

Pakailah cotton bud yang sudah dicelupkan ke alk0h0l sebelumnya. Ketika bercak noda pada bagian ini sudah tidak terlihat lagi, maka ini berarti smartwatch telah siap untuk dipakai lagi.

4. Rawat Baterai
Smartwatch kebanyakan hadir dengan baterai yang bersifat rechargeable. Hampir dapat dikatakan bahwa baterai pada smartwatch ini tidak dapat diganti sehingga Anda tidak bisa mencabut pasang baterai dengan mudah.

Ketika notifikasi baterai telah menipis muncul, lakukan pengisian ulang baterai. Proses charging ini biasanya tidak memakan waktu yang terlalu lama. Dengan demikian, Anda dapat melakukannya sambil bekerja dengan laptop.

5. Ganti Strap
Apakah Anda merasa bosan dengan strap bawaan smartwatch? Jangan khawatir, sebagian smartwatch yang tersedia di pasaran mempunyai strap yang dapat diganti dan menyesuaikan dengan selera atau acara tertentu.

6. Pasang Pelapis Antigores
Layar merupakan bagian dari smartwatch yang paling rentan. Nah, Anda dapat memasang antigores pada layar untuk melindunginya. Cara memasang antigores ini memang boleh dikata gampang-gampang susah.

Namun, Anda tidak perlu merasa cemas. Pasalnya, bentuk dari antigores ini biasanya telah disesuaikan dengan ukuran layar smartwatch. Anda dapat menentukan sudut pemasangan antigores, sesudah itu memasangnya secara perlahan dengan bantuan pinset.

You Might Also Like:

Share this:

Bantu kami membuat situs gadgetdanteknologi.com ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, Anda sudah membantu kami untuk tetap membuat website ini terus menayangkan konten.

Cara mendukungan situs gadgetdanteknologi.com: Silahkan simak artikel berikut ini.


Don't show again click here.